Selasa, 09 April 2013

SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS VII SEMESTER 1


Silabus MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Sekolah                             :    MTs Al Islam Pare
Mata Pelajaran                  :    Bahasa Indonesia
Kelas /Semester               :    VII/1
Tahun Pelajaran               :    2012/2013

Standar Kompetensi : Mendengarkan
1.  Memahami wacana lisan  melalui kegiatan mendengarkan berita


Kompetensi
Dasar
Materi
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar

Karakter
Tatap Muka
PT
KMTT
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1. 1 Menyimpul­kan  isi berita yang diba­cakan dalam beberapa kalimat


Penyimpulan berita
o Mendengarkan berita
o Menuliskan pokok-pokok berita
o Memberikan tanggapan terhadap isi berita lewat diskusi
o Menyarikan pokok-pokok berita menjadi isi berita
o Menyimpulkan isi berita dalam satu alinea.
Mendengarkan berita radio/Televisi dan mencatat pokok-pokok berita


·   Mampu menunjukkan pokok-pokok berita yang didengarkan
·   Mampu menyarikan  pokok-pokok  berita menjadi isi berita
·   Mampu menyimpulkan isi berita dalam satu alinea.


Tes tulis



Tes uraian 
·   Tuliskan minimal tiga pokok berita yang terdapat dalam rekaman berita berikut ini!
·   Tunjukkan intisari pokok-pokok beritanya!
·   Tuliskan simpulan isi berita yang kamu dengarkan ke dalam satu alinea!
2 X 40’
TV/Radio
Kaset/CD berita

Teks Berita

untuk menyatakan peduli sosial secara logis

1.2 Menuliskan kembali  be­rita yang di­bacakan ke dalam bebe­rapa kalimat

Penulisan berita (yang didengarkan)
o Mendengarkan berita yang dibacakan di radio/televisi
o Mendiskusikan pokok-pokok berita
o Menuliskan pokok-pokok berita yang-dikembangkan ke dalam beberapa kalimat

Menulis kembali isi berita  berdasarkan pokok-pokok berita yang dicatat dengankata-kata sendiri

·   Mampu menemukan pokok-pokok berita yang didengarkan melalui radio/televisi
·   Mampu menuliskan isi berita yang didengar ke dalam beberapa kalimat
Tes tulis
Tugas rumah
·   Dengarlah berita di ... pada pukul ... malam nanti, kemudian tentukan pokok-pokok beritanya!
·   Tuliskan isi berita yang kamu dengarkan ke dalam beberapa kalimat!
2 X 40’
 TV/Radio
Kaset/CD berita
Teks berita

secara jujur dan komunikatif













Standar Kompetensi             : Berbicara
          2. Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumumam



Kompetensi
Dasar
Materi
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Karakter
Tatap Muka
PT
KMTT
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
2.1 Mencerita­kan peng­alam­an yang paling me­nge­sankan dengan mengguna­kan pilihan kata dan kalimat efektif

Cara menceritakan pengalaman yang menge­sankan dan implementasi- nya
o Mendengarkan cerita dari narasumber mengenai pengalaman yang mengesankan dengan du­kungan gambar seri
o Bertanya jawab mengenai  cerita yang mengesankan
o Menulis daftar pengalaman yang mengesankan.
o Memilih pengalaman yang paling mengesankan dari berbagai peng­alaman yang telah didaftar.
o Menyusun pokok-pokok cerita men­jadi rangkaian cerita pengalaman
o Berlatih bercerita
o Bercerita berdasarkan pokok-pokok rangkaian cerita dengan mengguna­kan pilihan kata dan kalimat efektif
Mencatat pokok-pokok pengalaman yang mengesankan menjadi siswa baru di SMP 2Byl

·   Mampu mendata pokok-pokok cerita pengalaman yang me­nge­sankan
·   Mampu menyusun pokok-pokok cerita menjadi rangkaian cerita pengalaman melalui tanya ja­wab
·   Mampu menceritakan penga­laman yang paling menge­san­kan berdasarkan pokok-pokok rangkaian cerita dengan meng­gunakan pilihan kata yang tepat dan kalimat efektif

Tes unjuk kerja
Uji petik kerja prosedur dan produk
·   Identifikasilah  pokok-pokok cerita pengalamanmu yang kamu pan­dang paling mengesankan!
·   Susunlah pokok-pokok cerita itu menjadi rangkaian cerita! Gunakahlah pilihan kata yang tepat dan efektif!
·   Ceritakanlah pengalamanmu yang paling mengesankan itu secara lisan!


6X40’
Pengalaman pribadi yang mengesan-kan
Buku Teks
secara kreatif

2.2 Menyam-paikan pengu-muman de­ngan intonasi yang tepat serta meng­gunakan ka­limat-kalimat yang lugas dan sederha­na

Penyampaian pengu­muman
o Membaca dan mencermati  teks pengumuman
o Menentukan topik sebuah pengumuman yang akan disusun yang berasal dari lingkungan
o Mendiskusikan pokok-pokok pengu­mum­an
o Merangkai pokok-pokok pengumuman menjadi sebuah pengumuman
o Berlatih mengumumkan
o Mengumumkan dengan dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana

Mencari pengumuman di media cetak ( koran, majalah )

·   Mampu menentukan  pokok-pokok pengumuman
·   Mampu merangkai pokok-pokok pengumuman menjadi sebuah pengumuman
·    Mampu mengumumkan dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana

Tes kinerja
Uji petik kerja prosedur dan produk
·   Umumkanlah secara lisan masalah ... dengan cara: tentukan terlebih dahulu pokok-pokok pengumuman itu kemudian rangkailah pokok-pokok itu menjadi sebuah pengumuman! Gunakanlah kalimat yang lugas dan sederhana!
6X40’
Selebaran Pengumum-an
Lingkungan
Buku teks
yang lugas dan sederha­na






Standar Kompetensi             :  Membaca
                                                             3. Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca


Kompetensi
Dasar
Materi
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Karakter
Tatap Muka
PT
KMTT
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
3.1 Menemu-kan makna kata tertentu da­lam kamus secara cepat dan tepat de­ngan konteks yang diingin­kan melalui kegiatan mem­baca memindai

Cara menemukan  makna kata  secara cepat dan implementasi-nya
o Membaca teks nonsastra
o Bertanya jawab mengenai isi bacaan
o Menandai kata-kata baru dan menentukan kata itu sebagai lema yang akan dicari maknanya dari kamus
o Berpasangan untuk menemukan lema secara cepat dan tepat dari kamus yang sudah disediakan (satu siswa mencari lema, siswa yang lain menghitung waktu)
o Berpasangan untuk menemukan makna kata (lema)  secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan dalam teks bacaan (satu siswa mencari arti lema sesuai konteks, siswa yang lain menghitung waktunya)
Mencari makna kata sulit/ baru menggunakan kamus

·   Mampu menemukan kata secara cepat dan tepat
·   Mampu menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan

Observasi
Lembar observasi
·    Siswa dapat menemukan kata  dalam kamus dengan waktu minimal (sesuai dengan waktu yang ditentukan): ya/ tidak
·    Siswa dapat menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan dalam waktu minimal (sesuai dengan waktu yang ditentukan): ya/ tidak


2 X 40’
Kamus istilah  Kamus Besar Ba­ha­sa Indonesia
Buku Teks
Bacaan nonsastra
dengan kerja keras dan rasa ingin tahu
3.2 Menyim­pul­kan isi baca­an setelah membaca ce­pat 200 kata per menit

Penyimpulan isi bacaan
o Membaca bacaan yang terdiri atas 200 kata atau kelipatannya.
o Menghitung kecepatan membaca
o Menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan
o Menentukan pokok-pokok bacaan
o Merangkai pokok-pokok bacaan
o Menyimpulkan isi bacaan

 Membaca media cetak/ majalah yang bertujuan mencapai KPM 250
o Mampu membaca cepat 200 kata per menit




o Mampu menjawab dengan benar 75% dari jumlah pertanyaan yang disediakan



Mampu menyimpulkan isi bacaan dengan cara merangkai pokok-pokok bacaan
Tes  kinerja

Uji petik kerja prosedur dan produk

·   Buka dan bacalahlah teks yang terlipat di atas mejamu setelah terdengar bel satu kali dan berilah tanda garis miring pada akhir kata yang dibaca setelah terdengar bel 2 kali!
·   Jawablah beberapa pertanyaan berikut!
1. ...
2. ...

·   Tuliskan pokok-pokok bacaan itu, kemudian simpulkan isi bacaan berdasarkan pokok-pokok bacaan itu!  
2X40’
Stopwatch,
Buku teks, Teks bacaan
kerja keras, gemar membaca, mandiri

3.3  Memba­ca­kan berbagai teks perang­kat upacara dengan into­nasi yang tepat

Pembacaan teks perangkat upacara
o Mengidentifikasi berbagai teks perangkat upacara
o Membaca dan mencermati teks perangkat upacara
o Menandai teks dengan tanda-tanda intonasi
o Berlatih membacakan teks perangkat upacara
o Membacakan teks perangkat upacara bendera dengan intonasi yang tepat


·   Mampu mengidentifikasi berbagai teks perangkat upacara



Mampu membacakan berbagai teks untuk upacara bendera dengan intonasi yang tepat
Tes tulis




Tes kinerja


Tes uraian




Uji petik kerja produk
·   Identifikasilah berbagai teks perangkat upacara yang terdapat di sekolahmu!


·   Bacakanlah minimal dua teks  perangkat upacara dengan intonasi yang tepat!
6 X 40’
Perangkat  upacara ben­dera
Buku teks
semangat kebangsaan, cinta tanah air, dan tangggung jawab







Standar Kompetensi             :  Menulis
          4. Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi


Kompetensi
Dasar
Materi
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Karakter
Tatap Muka
PT
KMTT
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi de­ngan mem­perhatikan cara peng­ungkapan dan bahasa yang ekspresif

Penulisan catatan hari­an/ pengalaman pribadi
o Mengamati dan mencermati contoh buku harian
o Mendiskusikan unsur-unsur  yang ada dalam buku harian
o Menulis pokok-pokok pengalaman pribadi yang terjadi sehari sebelumnya
o Mengembangkan pokok-pokok pengalaman pribadi itu menjadi sebuah tulisan yang ekspresif dengan menambahkan waktu kejadian, curahan pemikiran, dan perasaan ke dalam buku harian.

Menulis catatan harian selama satu minggu
Mengembangkan satu catatan harian menjadi sebuah cerita pendek.
·   Mampu menuliskan pokok-pokok  pengalaman pribadi yang terjadi dalam suatu hari!


·   Mampu secara rutin menulis dalam buku harian dengan bahasa yang ekspresif!

Tes




Penugasan

 Tes uraian




Tugas proyek
·   Tulislah pokok-pokok pengalaman pribadimu yang terjadi di kelas ini kemarin!


·   Tuliskanlah pengalaman pribadimu secara rutin ke dalam buku harian mulai hari ini! Gunakanlah bahasa yang ekspresif untuk mencurahkan pemikiran dan perasaanmu! Kumpulkanlah buku harianmu setiap dua minggu untuk diparaf!
4 X 40’
Pengalaman pribadi siswa
Lingkungan
Buku teks
secara mandiri
4.2 Menulis su­rat pribadi dengan mem­perhatikan komposisi, isi, dan bahasa

Penulisan surat pribadi
o Mengamati dan mencerrmati beberapa surat pribadi dan surat resmi
o Berdiskusi untuk menentukan komposisi surat pribadi
o Menentukan topik surat pribadi dan alamat yang dituju (siswa SMP di sekolah lain melalui guru bahasa Indonesianya)
o Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa yang komunikatif
o Menyunting surat
o Memasukkan surat dalam amplop, mengelim, memberi perangko, dan mengeposkannya

Menulis surat pribadi pada sahabat karib
Menulis surat pribadi pada kerabat yang lebih tua

·   Mampu menentukan perbedaan komposisi surat pribadi dengan surat resmi
·   Mampu menulis surat pribadi dengan bahasa yang komunikatif
·   Mampu menyunting surat


Tes kinerja


Uji petik kerja

·   Tunjukkan perbedaan komposisi surat pribadi dengan surat resmi

·   Tulislah surat pribadi kepada teman barumu di sekolah lain melalui guru bahasa Indonesianya, ceritakanlah kondisimu di sekolah ini, dan mintalah balasan surat! Gunakanlah bahasa yang komunikatif.
·   Perbaikilah bahasa surat pribadi yang ditulis oleh teman Anda dari aspek struktur dan ejaannya!
4 X 40’
Berbagai surat pribadi dan surat resmi
secara tepat,  jujur dan tanggung jawab.


4.3. Menulis teks pengumuman dengan baha­sa yang efek­tif, baik, dan benar

Penulisan pengumuman
o Mengamati dan mencermati teks pengumuman
o Berdiskusi untuk menentukan topik pengumuman lain yang sesuai dengan konteks kegiatan  kelas/sekolah dan  menentukan pokok-pokoknya
o menulis teks pengumuman dengan dengan bahasa yang efektif, baik, dan benar
o menyunting teks pengumuman
o memajang pengumuman di papan pamer kelas/sekolah

Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif tentang suatu lomba

·   Mampu menentukan pokok-pokok pengumuman
·   Mampu menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif
·   Mampu menyunting teks pengumuman
                            
Tes kinerja
Uji petik produk
·   Buat­lah teks pengumuman sesuai dengan konteks kegiatan kelas/sekolahmu dengan terlebih dahulu menentukan pokok-pokok pengumuman! Kemudian suntinglah teks pengumuman yang sudah kamu susun!
4X40’
Selebar­an Peng-umuman
Buku Teks
secara logis serta kreatif


















Standar Kompetensi             :  Mendengarkan
                                                             5. Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan
Kompetensi
Dasar
Materi
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar



menghargai prestasi
Tatap Muka
PT
KMTT
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
5.1 Menemu-kan hal-hal mena­rik dari do­ngeng yang diperdengar kan
Cara menemukan hal menarik dari dongeng dan implementasi- nya
o Mendengarkan penyajian dongeng
o Bertanya jawab untuk menemukan ide-ide  yang menarik dari dongeng
o Merangkai ide-ide menarik menjadi  hal-hal menarik dari dongeng
Mencari dongeng di siaran televisi/ radio dan mencatat hal-hal yang menarik

·   Mampu menemukan ide-ide  menarik dalam dongeng

·   Mampu merangkai ide-ide menarik menjadi  hal-hal menarik dari dongeng
Tes tulis




Tes uraian



·   Identifikasilah ide-ide menarik yang terdapat dalam dongeng yang disajikan secara lisan ini!
·   Rangkaikanlah ide-ide me­narik yang berasal dari dongeng yang kamu dengarkan sehingga menjadi  hal-hal menarik dari dongeng!
2X40’
Kaset /CD  dongeng
Buku teks
5.2  Menunjuk­kan relevansi isi dongeng yang diperde­ngarkan de­ngan situasi sekarang

Cara menunjukan relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang dan implementasi- nya
Mendengarkan dongeng
o Mendiskusikan pokok-pokok isi  dongeng
o Menunjukkan relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang

Menemukan relevansi isi dongeng dengan situasi kehidupan sekarang

·   Mampu menemukan isi di dalam dongeng
·   Mampu merelevansikan isi dongeng dengan situasi sekarang


Tes tulis



Tes urai­an
I.  Tuliskanlah pokok-pokok isi  dongeng yang disajikan secara lisan ini!
II. Bagaimanakah relevansi isi dongeng yang kamu dengarkan dengan situasi dewasa ini?
2 X 40’
 Kaset /CD  dongeng
Buku teks
mempedulikan lingkungan maupun sosial.





Standar Kompetensi             :  Berbicara
                                                             6. Mengekspresikan pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita


Kompetensi
Dasar
Materi
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
karakter
Tatap Muka
PT
KMTT
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
6.1 Bercerita de­
ngan urutan yang baik, sua­ra, lafal, intonasi, ges­tur, dan mi­mik yang te­pat

Penyampaian cerita
o Menentukan cerita yang menarik berdasarkan persediaan buku di  perpustakaan.
o Membaca cerita yang menarik itu.
o Berdiskusi untuk menentukan pokok-pokok cerita
o Merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang baik dan menarik
o Berlatih bercerita
o Bercerita dengan urutan yang baik, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat

Mencari cerita di perpustakaan dan mencatat pokok-pokoknya

·   Mampu menentukan pokok-pokok cerita
·   Mampu merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang  baik dan menarik
·   Mampu bercerita dengan urutan yang baik,  suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat


Tes lisan

Tes kinerja

Tes urai­an

Uji petik kerja produk



·   Tentukan pokok-pokok cerita yang ter­da­­pat di dalam cerita ini!
·    Rangkailah pokok-pokok cerita itu menjadi urutan cerita!
·    Berceritalah dengan urutan yang baik serta suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat! 
6 X 40’
Perpusta-
  kaan
Buku yang berisi teks cerita
Buku teks
kreatif

6.2 Bercerita de­ngan alat pe­raga

Penyampaian cerita dengan alat peraga
Menentukan cerita lain yang menarik berdasarkan persediaan buku di  perpustakaan.
    Membaca cerita yang menarik itu.
o Berdiskusi untuk menentukan pokok-pokok cerita
o Merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang baik dan menarik
o  Menyiapkan alat peraga  untuk mendukung cerita
o Berlatih bercerita dengan alat peraga
9. Bercerita dengan alat peraga
Merangkai poko-pokok cerita menjadi urutran cerita yang menarik

·   Mampu menentukan pokok-pokok cerita
·   Mampu merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang menarik
·   Mampu bercerita dengan meng­gu­na­kan alat peraga berdasarkan pokok-pokok cerita
Tes lisan

Tes unjuk kerja



III.            Tentukan pokok-pokok cerita  yang ter­da­­pat di dalam cerita ini!
IV.             Rangkailah pokok-pokok cerita itu menjadi urutan cerita!
V. Berceritalah dengan dukungan alat peraga!    
4 X 40’
Alat peraga
Buku teks

yang tepat dan kreatif



Standar Kompetensi             :  Membaca
          7. Memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan membaca


Kompetensi
Dasar
Materi
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Karakter
Tatap Muka
PT
KMTT
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
7.1 Mencerita­kan
kembali cerita anak yang dibaca

Penceritaan kembali
o Membaca cerita anak
o Berdiskusi untuk me­nen­tukan pokok-pokok cerita
o Merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita
o Menceritakan kembali cerita dengan bahasa sendiri, baik secara lisan maupun tulis


Mengembangkan rangkaian pokok-pokok cerita menjadi cerita yang menarik dan komunikatif dengan bahasa sendiri

·   Mampu menentukan pokok-pokok cerita anak yang dibaca
·   Mampu merangkai pokok-pokok cerita anak menjadi urutan cerita
·   Mampu menceritakan kembali cerita dengan bahasa sendiri secara lisan dan tulis.


Penugasan


Tes kinerja
Tugas rumah


Uji petik kerja produk

·   Tentukan pokok-pokok cerita anak yang kamu baca!
·   Rangkailah pokok-pokok cerita itu menjadi urutan cerita!
·   Ceritakanlah secara tertulis dan/atau lisan de­ngan bahasamu sendiri cerita anak yang sudah kamu baca!

6 X 40’
Perpusta-
  kaan
Buku teks
kreatif, dan mempedulikan sosial masyarakat.

7.2 Mengomen­tari buku ce­rita yang di­baca

Cara berkomentar  terhadap buku cerita dan implementasi- nya
Membaca cerita anak
    Menandai hal-hal yang akan dikomentari
    Berdiskusi untuk menentukan bagian/unsur yang  perlu dikomentari  dari buku cerita
VI.    Mengomentari buku cerita yang dibaca dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun


Mencari dan membaca buku cerita dari perpustakaan kemudian mengomentari unsur cerita

·   Mampu menentukan unsur/bagian buku cerita yang akan dikomentari
·   Mampu mengomentari cerita dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun

Penugasan



Tugas rumah



VII.   Tentukanlah  bagian/unsur buku cerita ... yang perlu dikomen­tari

VIII.  Bagaimakah komentarmu mengenai buku cerita yang baru saja kamu baca?  Kemukakan hal itu dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun!

4 X 40’
Perpus-takaan
Buku teks 
secara logis/menghargai prestasi







Standar Kompetensi             :  Menulis
           8. Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui pantun dan dongeng


Kompetensi
Dasar
Materi
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Karakter
Tatap Muka
PT
KMTT
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
8.1 Menulis pan­tun yang se­suai dengan syarat-syarat pantun

Penulisan   pantun
o Membaca contoh-contoh pantun
o Berdiskusi untuk menentukan syarat-syarat pantun
o Menulis pantun  yang memenuhi  syarat-syarat pantun
o Menyunting pantun sendiri sesuai dengan syarat-syarat pantun

Membuat pantun nasihat yang memenuhi persyaratan pantun

·   Mampu menentukan syarat-syarat pantun
·   Mampu menulis pantun
·   Mampu menyunting pantun sendiri sesuai dengan syarat-syarat pantun

Tes tulis




Tes unjuk kerja



Portofolio
Tes pilih­an ganda



Uji petik kerja produk


Dokumen pantun (draf 1) dan pantun yang sudah diperbaiki berdasarkan suntingan sendiri, masukan teman dan/atau guru

·   Salah satu syarat pantun adalah:
A. bersajak akhir abab
B. bersajak akhrir aaaa
C. bersajak aabcd
D. bersajak akhir ab
·    Buatlah sebuah pantun yang terkait dengan masalah moral/pen­didik­an! Suntinglah pantun yang sudah kamu buat!
2 X 40”
Perpusta-
   kaan
Buku teks
Ber­bagai jenis pan­tun
secara logis dan kreatif
8.2 Menulis  kem­bali de­ngan bahasa sendiri do­ngeng yang pernah diba­ca atau dide­ngar
Penulisan kembali  dongeng
o Membaca/mendengarkan dongeng
o Berdiskusi untuk menentukan pokok-pokok dongeng dan urutannya
·   Menulis kembali dongeng berda­sar­kan urutan pokok-pokok dongeng yang sudah ditentukan
Membaca buku dongeng dan menulis kembali dengan bahasa sendiri

·   Mampu menentukan pokok-pokok dongeng
·   Mampu menulis dongeng berda­sarkan urutan pokok-pokok do­ngeng
Tes tulis



Tes unjuk kerja
Tes urai­an



Uji petik kerja produk
IX.            Tentukan pokok-pokok dongeng yang kamu baca/dengar!


X.Tuliskanlah de­ngan bahasamu sendiri dongeng yang baru kamu baca/dengar!

   4 x 40’
Perpusta-
   kaan
Buku/rekaman dongeng
Buku teks

secara kreatif, jujur, mandiri.



Mengetahui
Kepala Sekolah




Muhamad, S.PdI
Pare, ……………………………………
Guru Mata Pelajaran




Zainuddin Anwar Fatach, S.PdI
























Tidak ada komentar:

Poskan Komentar